Khamis, 27 Disember 2012


BAB 8
PENGEMBANGAN KEPUTUSAN DAN LAPORAN-LAPORAN MANAJEMEN
A.   PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Merupakan tindakan yang spotan, tindakan terdiri atas serangkaian langkah-langkah sistematis yang dilakukan oleh pihak yang mengambil keputusan.
Langkah-langkah dalam pengambilan keputusan yaitu :
1.      Mengidentifikasi masalah
2.      Mengevaluasi solusi alternatif
·         Kriteria keputusan
·         Identifikasi kriteria keputusan dan menetapkan nilai tertimbang
·         Merating setiap alternatif
·         Menghitung nilai tertimbang
3.      Mengimplementasikan solusi yang baik
·         Mengatur pembiayaan proyek
·         Menegosiasi kontrak dengan para pemasok dan kontraktor
·         Mendapatkan lisensi, izin, dan wilayah otorisasi
·         Mengorganisasi program pelatihan kembali untuk para pegawai yang dihadapkan dengan praktik-praktik, prosedur, dan peralatan baru
·         Merencanakan perubahan dari sistem lama ke sistem baru
4.      Melakukan pemeriksaan pasca-implementasi

B.   PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN
Prinsip manajemen memberikan wawasan pada kebutuhan informasi manajemen.
Prinsip yang mempengaruhi sistem laporan manajemen yaitu :
1.      Formalisasi pekerjaan
2.      Tanggungjawab dan otorisasi
3.      Jangkauan kontrol
4.      Manajemen dan pengecualian

C.   FUNGSI  LEVEL DAN JENIS KEPUTUSAN MANAJEMEN
Fungsi perencanaan dan kontrol manajemen secara mendasar mempengaruhi sistem laporan manajemen. Fungsi perencanaan berkaitan dengan pengambilan keputusan tentang aktivitas-aktivitas akan datang dari suatu organisasi.
Jenis-jenis keputusan manajemen yaitu :
1.      Keputusan perencanaan strategis
·         Keputusan perencanaan strategis antara lain :
-          Menetapkan tujuan perusahaan
-          Menentukan ruang lingkup aktivitas bisnis
-          Menentukan atau memodifikasi struktur organisasi
-          Menetapkan filosofi manajemen
·         Ciri-ciri keputusan perencanaan strategis antara lain :
-          Kerangka waktunya jangka panjang
-          Mereka memerlukan informasi yang lebih ringkas
-          Keputusan ini biasanya tidak berulang
-          Keputusan strategi berkaitan menghadapi ketidakpastian tingkat tinggi
-          Keputusan ini punya ruang lingkup yang luas dan secara mendasar mempengaruhi perusahaan
-          Keputusan strategis memerlukan sumber informasi eksternal maupun internal
2.      Keputusan pelaksanaan taktis
Jangka waktu keputusan ini pendek, lebih spesifik, berulang, hasilnya lebih pasti, dan kurang berpengaruh pada perusahaan dibandingkan keputusan strategis.
3.      Keputusan kontrol manajemen
Adalah memotivasi para manajer di semua wilayah fungsional untuk menggunakan sumber daya termasuk bahan baku, personel, dan aktiva keuangan.
4.      Keputusan kontrol operasional
Kontrol operasional memastikan bahwa perusahaan beroperasi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.
Keputusan operasional memiliki 3 elemen dasar yaitu :
·         Penetapan standar
·         Evaluasi kinerja
·         Dan melakukan tindakan perbaikan (korektif)

D.   STRUKTUR MASALAH
Struktur masalah memepunyai 3 elemen yaitu :
1.      Data : Nilai yang digunakan untuk mewakili faktor-faktor  relevan dengan masalah tersebut.
2.       Prosedur : urutan langkah-langkah atau peraturan keputusan yang digunakan untuk memecahkan masalah.
3.      Tujuan : hasil yang ingin dicapai pengambilan keputusan dengan memecahkan masalah tersebut.

·         Masalah tidak terstruktur
Ketika ketiga elemen tidak diketahui dengan pasti, masalah tidak terstruktur adalah masalah yang tidak memiliki teknik solusi spesifik kebutuhan data tidak pasti, prosedurnya tidak spesifik, atau tujuan solusi belum sepenuhnya berkembang.

E.   JENIS-JENIS LAPORAN MANAJEMEN
Laporan ini dapat berupa jenis dokumen kertas ataupun imaji elektronik yang disajikan diterminal komputer.laporan ini dapat berisi informasi verbal, numberik, grafis atau kombinasi.

Tujuan laporan umum :

·         Mengurangi tingkat ketidakpastian yang berkaitan dengan suatu masalah yang dihadapi pengambil keputusan.
·         Mempengaruhi perilaku pengambil keputusan dengan cara yang positif.
Laporan manajemen ada 2 kelas yaitu :
1.      Laporan yang diprogram
Informasi untuk memecahkan masalah yang telah di antisipasi pemakai.
Terdapat 2 subkelas laporan yang diprogram :
·         Laporan jadwal
Menghasilkan laporan jadwal menurut kerangka waktu yang di tetapkan, bisa harian, mingguan dan kuartalan.
·         Laporan menurut permintaan
Laporan ini digerakan oleh peristiwa bukan oleh kerangka waktu. Agar efektif laporan ini harus memiliki atribut seperti relevan, ringkas, orientasi pengecualian, akurasi, kelengkapan, tepat waktu dan padat.
2.      Laporan khusus
Sumber data yang dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan pelaporan khusus melalui suatu konsep yang disebut penambangan data.
Penambangan data adalah proses memilih, menggali dan memodelkan sejumlah besar data untuk membuka relasi dan pola global yang ada dalam database berukuran besar tapi tersembunyi.
Para manajer menggunakan 2 pendekatan umum untuk pengembangan data yaitu :
·         Model verifikasi : menggunakan teknik drill-down untuk memverifikasi atau menolak hipotensis pemakai.
·         Model penemuan : menggunakan penambangan data untuk menemikan informasi yang tidak diketahui tetapi penting, yang tersembunyi dalam dunia nyata.

ü Catatan : Ciri utama dari kesuksesan menggunakan penambangan data adalah gudang data dari arsip data operasional.suatu gudang data merupakan suatu sistem manajemen database relasional yang telah didesain secara spesifik untuk memenuhi kebutuhan penambangan data.

F.    AKUNTANSI PETANGGUNGJAWAB
Arus imformasi ini mewakili 2 tahap akuntansi pertanggungjawab :
1.      Menciptakan serangkaian tujuan kinerja keuangan (anggaran) yang berkaitan  dengan tanggungjawab manajer.
2.      Melaporkan dan mengukur kinerja aktual ketika dibandingkan dengan tujuan-tujuan tersebut (anggaran).
·         Penatapan tujuan keuangan proses keuangan
Peoses ini membantu pihak manajemen mencapai tujuan keuangan dengan membentuk  tujuan yang dapat di ukur untuk mencapai segmen organisasi.
·         Pengukuran dan pelaporan kinerja
Pelaporan dilakukan disetiap segmen operasional dalam perusahaan.
·         Pusat petanggungjawaban
Bentuk yang paling umum dari pusat pertanggungjawaban adalah :
1.      Pusat biaya
2.      Pusat laba
3.      Pusat investasi

G.  PERTIMBANGAN PERILAKU
Prinsip-prinsip mamajemen yaitu otorisasi, tanggung jawab dan formalisasi pekejaan ketika diterapkan dengan benar dalam suatu organisasi akan mempromosikan kerasian tujuan.
Salah satu tujuan suatu laporan adalah untuk menstimuasi perilaku yang konsisten dengan tujuan perusahaan.

LATIHAN SOAL
1.      Sebutkan dan jelaskan lanngkah-langkah dalam proses pengambilan keputusan?.
2.      Sebutkan prinsip-prinsip manajemen yang paling langsung mempengaruhi sistem laporan manajemen?.
3.      Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis keputusan manajemen?.
4.      Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis laporan manajemen?.
5.      Apakah tujuan dari pemeriksaan pasca implementasi?.
6.      Sebutkan dan jelaskan 3 elemen struktur masalah?.
7.      Sebutkan dan jelaskan 4 pusat pertanggung jawaban?.
8.      Sebutkan 2 tujuan pelaporan umum?.
9.      Sebutkan ciri-ciri keputusan perencanaan strategis?.
10.  Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengevaluasi dan jelaskan solusi alternatif?.

JAWAB
1.      Langkah dalam pengambilan keputusan  yaitu Mengidentifikasi masalah ,
Mengevaluasi solusi alternatif
Mengimplementasikan solusi yang baik

Melakukan pemeriksaan pasca-implementasi

2.      Prinsip-prinsip manajemen yaitu Formalisasi pekerjaan
Tanggungjawab dan otorisasi
Jangkauan kontrol
Manajemen dan pengecualian
3.      Keputusan perencanaan strategis
Keputusan pelaksanaan taktis Jangka waktu keputusan ini pendek, lebih spesifik, berulang, hasilnya lebih pasti, dan kurang berpengaruh pada perusahaan dibandingkan keputusan strategis.
Keputusan kontrol manajemen Adalah memotivasi para manajer di semua wilayah fungsional untuk menggunakan sumber daya termasuk bahan baku, personel, dan aktiva keuangan.
Keputusan kontrol operasional Kontrol operasional memastikan bahwa perusahaan beroperasi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya.

4.      Laporan yang diprogram, Informasi untuk memecahkan masalah yang telah di antisipasi pemakai.
Laporan khusus, Sumber data yang dapat digunakan untuk mendukung kebutuhan pelaporan khusus melalui suatu konsep yang disebut penambangan data.
Penambangan data adalah proses memilih, menggali dan memodelkan sejumlah besar data untuk membuka relasi dan pola global yang ada dalam database berukuran besar tapi tersembunyi.
5.   Tujuan melakukan pemeriksaan pasca-implementasi, untuk menentukan apakah keputusan dan proses pengambilan keputusan sudah tepat.

6.      Elemen struktur masalah :
Data : Nilai yang digunakan untuk mewakili faktor-faktor  relevan dengan masalah tersebut.
 Prosedur : urutan langkah-langkah atau peraturan keputusan yang digunakan untuk memecahkan masalah.
7.      4 pusat petanggung jawab yaitu Pusat pendapatan
Pusat biaya
Pusat laba
Pusat investasi
8.      Tujuan laporan umum :

·         Mengurangi tingkat ketidakpastian yang berkaitan dengan suatu masalah yang dihadapi pengambil keputusan.
·            Mempengaruhi perilaku pengambil keputusan dengan cara yang positif.

9.      Ciri-ciri keputusan perencanaan strategis antara lain :
-          Kerangka waktunya jangka panjang
-          Mereka memerlukan informasi yang lebih ringkas
-          Keputusan ini biasanya tidak berulang
-          Keputusan strategi berkaitan menghadapi ketidakpastian tingkat tinggi
-          Keputusan ini punya ruang lingkup yang luas dan secara mendasar mempengaruhi perusahaan
-          Keputusan strategis memerlukan sumber informasi eksternal maupun internal.
10.  Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam mengevalusi solusi alternatif.
Semua alternatif  di evaluasi dengan mengguakan kriteria evaluasi yang sama.
Mengukur seberapa baik suatu alternatif dapat memecahkan masalah. Contoh yang dipertimbangkan
a.       Biaya operasi
b.      Pilihan pemakai
c.       Daya respon
d.      keamanan data
e.       Kemampaun dalam mengadaptasi perubahan kebutuhan pemakai






Tiada ulasan:

Catat Ulasan